Kamis, 15 Januari 2015

Tugas sofskill 2



Nama : Ajeng Chairunnisa
Npm : 10511487
kls : 4pa10

Pertanyaan :
Arsitektur komputer dan struktur kognitif manusia
a.       Pengertian Arsitektur komputer?
Arsitektur komputer menjelaskan mengenai komponen komputer, serta tentang organisasi komputer. Arsitektur komputer meliputi spesifikasi sekumpulan instruksi dan unit hardware yang melaksanakan instruksi tersebut. contoh : set instruksi, jumlah bit yang digunakan untuk mempresentasikan bermacam-macam jenis data (misalnya bilangan, karakter), aritmetika yang digunakan, teknik pengamatan, mekanisme.
Arsitektur Komputer merupakan suatu konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer, karena selalu ada Input > Storage > Ouput.

b.      Struktur kognitif manusia
Menurut seorang tokoh yang bernama Ausabel ia mengemukakan bahwa struktur kognitif merupakan organisasi pengetahuan atau dengan kata lian bahwa struktur kognitif dapat disebut sebagai pengetahuan. Struktur kognitif seseorang tidak lain adalah organisasi pengetahuan faktual yang diperoleh dari lingkungan. Struktur kognitif terbentuk dari informasi lingkungan sebagai suatu stimulus dari lingkungan yang selalu berubah, maka struktur kognitif atau pengetahuan pun akan terus berkembang.

c.       Kaitan antara struktur manusia dan arsitektur komputer
-          Bagaimana menjelaskan dan memahami kaitan antara struktur kognitif manusia dan arsitektur komputer
Kaitan antara Struktur Manusia dan Arsitektur Komputer Pada dasarnya struktur kognitif manusia memiliki cara kerja yang sama dengan komputer, yaitu Input (Pemasukkan informasi), Storage (Pemrosesan Informasi), dan Output (Pengeluaran Informasi). Bagaimana manusia berfikir, menganalisa, memproses dalam pembuatan arsitektur komputer tentunya tidak luput dari upaya yang dilakukan oleh manusia. Begitu pula sebaliknya, struktur kognisi manusia pun terkadang membutuhkan bantuan arsitektur komputer dalam membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada. Jadi antara struktur kognisi manusia dengan arsitektur komputer cukup erat kaitannya karena saling membutuhkan dan saling mempengaruhi.
Contoh kasus :  dimana struktur kognisi disini adalah yang dimiliki manusia jadi hubungannya dengan arsitektur komputer menurut saya dimana manusia yang memerankan untuk menjalankan aplikasi kompututer tersebut untuk mengerjakan serangkaian tugas-tugas dengan menggunakan aplikasi komputer contoh, HRD yang sedang menghitung scoring deengan computer, atau HRD yang sedang menjalankan aplikasi-aplikasi yang menunjang dengan kegiatan yang sedang dia kerjakan 
d.      Kelebihan dan kelemahan Arsitektur Komputer dibandingkan struktur kognitif manusia?

Kelebihan dan Kekurangan dari Arsitektur Komputer
a.       Kelebihan :
-          Memiliki processing yang berjumlah lebih dari satu
-          Bisa digunakan oleh banyak pengguna
-          Dapat membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan
-          Menggunakan teknologi time sharring
-          Kecepatan kerja processornya hingga 1GOPS ( Giga Operations per Second)

b.      Kekurangannya :
-          Ukurannya yang besar, maka diperlukan ruangan yang besar untuk menyimpannya.
-          Harganya sangat mahal
-          Interface dengan pengguna masih menggunakan teks
-          Kerjanya yang lama
-          Membutuhkan daya listrik yang sangat besar
Kelebihan dan kekurangan dari struktur kognisi yaitu :
a.     Kelebihan :
-          Struktur kognisi lebih sistematis sehingga memiliki arah dan tujuan yang jelas
-          Banyak memberi motivasi agar terjadi proses belajar
-          Mengoptimalisasikan kerja otak secara maksimal
b.         Kekurangan :
-          Membutuhkan waktu yang cukup lama
 CONTOH KASUS
Kognisi merupakan proses intelektual yang mana informasi diperoleh, ditransformasi, disimpan, diambil kembali. Yang paling penting di dalam pembahasan kognisi ini adalah konsep. Konsep merupakan kategori yang umum dari sesuatu, peristiwa, atau kualitas yang dihubungkan oleh suatu ciri-ciri yang umum. Kemudian, proses dari kognisi ini dapat digunakan sebagai problem solving dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contoh studi kasus yang berhubungan dengan kognisi ini adalah konsep. Ini paling sering terjadi ketika akan memahami sesuatu, khususnya ketika sedang belajar.
Ketika sedang belajar suatu materi harus memahami konsepnya terlebih dahulu. Ada banyak cara. Misalnya untuk mata kuliah Psikologi umum, dosen membuat tugas untuk setiap pertemuan kepada semua mahasiswa agar mengerjakan resume materi yang akan dipelajari di pertemuan minggu depannya. Hal ini menurut saya berguna agar semua mahasiswa memahami konsep apa saja yang ada dalam materi itu yang ditumpahkan dalam bentuk resume. Misalnya materi seperti Intelegensi. Sebelum mengulas lebih dalam tentang materi tersebut, mahasiswa diberi tugas resume. Saya sendiri terlebih dahulu mencari konsep-konsep apa saja yang akan dibahas di materi tersebut. misalnya konsep-konsep tersebut adalah pengertian intelegensi, pandangan-pandangan berbeda tentang intelegensi, pengukuran dalan intelegensi dan lain sebagainya. Konsep-konsep tadi dapat mengantar pengertian awal kepada setiap mahasiswa sebelum diulas lebih dalam pada pertemuan selanjutnya



Daftar Pustaka
Nursyamsi, J. (2010). Arsitektur komputer. Diakses dari http://jnursyamsi.staff.gunadarma.ac.id/Download/files/30853/MSIM2+Arsitektur+komputer.pdf. Diakses pada 19 November 2014.
http://desyambarl.blogspot.com/2013/10/tugas-2-arsitektur-komputer-struktur.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar