Senin, 28 November 2011

Manusia Dan Pandangan Hidup



A.pengertian Pandangan Hidup
Setiap individu pasti memiliki pandangan hidup,dimana setiap orang pasti memiliki pandangan hidup yang berbeda-beda,pandangan hidup memiliki pengertian sebagai pendapat yang digunakan sebagai pegangan,patokan,arahan,serta tujuan hidup untuk melangsungkan kehidupan sehari-hari,pendapat yang ada tersebut tidaklah di dapat seketika,pendapat tersebut di dapat dari pengalaman yang pernah seseorang alami.
Pandangan hidup berdasarkan asalnya di bagi 3,yaitu :
  1. Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan yang mutlak kebenarannya.
  2. Pandangan hidup yang berupa dari ideologi yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang terdapat pada Negara tersebut.
  3. Pandangan hidup hasil renungan yaitu pandangan hidup yang relatif kebenarannya.
Pandangan hidup pada dasarnya memiliki beberapa unsur yaitu:cita-cita,kebajikan,usaha,keyakinan/kepercayaan.

B.Cita-cita
cita-cita adalah sesuatu yang ingin kita capai atau kita dapatkan di masa yang akan dating.tentunya,agar tercapai cita-citanya kita harus melakukan usaha dan kerja keras.apabila cita-cita tersebut tidak pernah tercapai,cita-cita tersebut hanya menjadi angan-angan.tercapai atau tidaknya cita-cita kita tergantung pada usaha yang dilakukan oleh kita sendiri.

C.Kebajikan
pada dasarnya suatu cita-cita mengharapkan satu tujuan dimana tujuan tersebut adalah kebajikan.pada hakikatnya kebajikan sama halnya dengan perbuatan moral,perbuatan yang sesuai dengan norma-norma agama dan etika.manusia berbuat baik karena menurut kodratnya manusia itu baik,mahluk bermoral.atas dorongan hatinya manusia cenderung berbuat baik.jadi kebajikan adalah perbuatan yang sesuai dengan suara hati kita.

D.Usaha /Perjuangan
telah dijelaskan sebelumnya bahwa agar cita-cita tercapai,di butuhkan suatu usaha yang maksimal,usaha tersebut bisa berupa ilmu,otak,ide,pemikiran maupun jasmani/tenaga.namun,karena kemampuan seseorang berbeda-beda,maka usaha yang dilakukanpun berbeda-beda.hal itu akan menimbulkan tingkat kemakmuran setiap orang yang berbeda-beda.






E.Keyakinan/Kepercayaan
Keyakinan/kepercayaan yang menjadi dasar pandangan hidup berasal dari akal atau kekuasaan tuhan.menurut prof.DR.Harun Nasution,ada 3 aliran filsafat yaitu:
  • Aliran naturalisme
  • Aliran intelektualisme
  • Aliran gabungan

F.Langkah-Langkah Berpandangan Hidup Yang Baik
Manusia pasti mempunyai pandangan hidup,bagaimanapun itu bentuknya.bagaimana kita memperlakukan pandangan hidup itu juga tergantung oleh orang yang bersangkutan.tentunya kita mempunyai cara berpandangan hidup yang baik,berikut adalah langkah-langkah berpandangan hidup yang baik :
  1. Mengenal
  2. Mengerti
  3. Menghayati
  4. Meyakini
  5. Mengabdi
  6. Mengamankan












Tidak ada komentar:

Posting Komentar