Selasa, 20 Maret 2012

ILMU PSIKOLOGI:Definisi,Cabang Ilmu dan Tokoh-Tokohnya


Definisi Psikologi
Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku manusia dan proses mental. Psikologi merupakan cabang ilmu yang masih muda atau remaja. Sebab, pada awalnya psikologi merupakan bagian dari ilmu filsafat tentang jiwa manusia. Menurut plato dalam buku Psikologi Umum oleh Kartini Kartono pada tahun 1996, psikologi berarti ilmu pengetahuan yang mempelajari sifat, hakikat, dan hidup jiwa manusia (psyche = jiwa ; logos = ilmu pengetahuan).
Secara umum ilmu psikologi bisa diartikan dengan suatu ilmu yang berkaitan  dengan proses mental seseorang, baik dalam lingkungan hidup perilaku normal ataupun perilaku abnormal.
Umumnya ilmu psikologi tidak hanya mempelajari proses mental seseorang tapi juga pengaruh mental tersebut pada perilakunya.
Sehingga bisa dikatakan juga bahwa ilmu psikologi adalah ilmu yang berkaitan dengan gejala dan kegiatan jiwa seseorang.
Pada pokoknya, psikologi itu menyibukkan diri dengan masalah kegiatan psikis, seperti berpikir, belajar, menanggapi, mencinta, membenci dan lain-lain. Macam-macam kegiatan psikis pada umumnya dibagi menjadi 4 kategori, yaitu: 1) pengenalan atau kognisi, 2) perasaan atau emosi, 3) kemauan atau konasi, 4) gejala campuran.
Namun hendaknya jangan dilupakan, bahwa setiap aktivitas psikis/jiwani itu pada waktu yang sama juga merupakan aktifitas fisik/jasmani. Pada semua kegiatan jasmaniah kita, otak dan perasaan selalu ikut berperan ; juga alat indera dan otot-otot ikut mengambil bagian didalamnya.
Cabang-cabang ilmu psikologi         
Cabang – cabang dari ilmu psikologi antara lain ada enam cabang, yaitu :
1.     Psikologi Sosial
Cabang ilmu psikologi memilki 3 lingkup studi yaitu :
o    Studi yang mempelajari tentang pengaruh sosial terhadap proses mental dua individu seperti studi tentang sifat (atribusi), motivasi dan juga persepsi
o    Studi yang mempelajari tentang proses – proses individual yang dilakukan bersama atau dalam suatu kelompok seperti bahasa, perilaku meniru dan sikap sosial
o    Studi yang mempelajari suatu interaksi dalam kelompok seperti kepemimpinan, kerjasama, persaingan dan konflik
2.    Psikologi Perkembangan
Adalah suatu cabang ilmu psikologi yang mempelajari proses perkembangan manusia dan juga faktor – fkator yang mempengaruhi perilaku seseorang sejak dia lahir hingga berusia lanjut. Cabang psikologi yang satu ini sangat berkaitan dengan psikologi sosial dan psikologi kepribadian.
3.    Psikologi Klinis
Adalah cabang psikologi yang menerapkan psikologi untuk memahami dan memulihkan kembali keadaan psikologi seseorang ke dalam psikologi normal serta mencegah terjadinya perilaku abnormal.
4.    Psikologi Kerekayasaan
Yaitu suatu cabang ilmu psikologi yang mempelajari tentang hubungan antara manusia dan mesin guna meminimalisir adanya human error ketika menggunakan mesin.
5.    Psikologi Pendidikan
Yaitu suatu cabang psikologi yang mempelajari bagaimana suatu individu dalam melakukan kegiatan belajar dan juga meninjau keefektifan suatu cara pengajaran.
Psikologi pendidikan sebenarnya merupakan perkembangan dan pengabungan antara psikologi sosial dan psikologi perkembangan
6.    Psikologi Industri dan Organisasi
Psikologi industri adalah ilmu psikologi yang difokuskan tentang bagaimana perkembangan, prediksi kinerja dan evaluasi kerja yang dilakukan seseorang.
Sedangkan psikologi organisasi adalah ilmu psikologi yang mempalajari bagaimana sebuah organisasi dalam berinteraksi dan mempengaruhi para anggotanya.
TOKOH-TOKOH PSIKOLOGI
·         Wilhem Wundt (1832 – 1920)
Lahir dalam keluarga intelektual, Wundt menamatkan pendidikannya dan memperoleh gelar sarjana dan doktornya dibidang kedokteran.
Ketertarikanya dalam bidang fisiologis membuat dirinya sering melakukan riset fisiologis dan penelitian di bidang psikofisik bersama Johannes Mueller.
Dikenal sebagai bapak psikologi modern karena beliaulah yang pertama kali mendirikan laboratorium psikologi di Universitas Leipzig.
Pendirian laboratorium ini merupakan awal dari berdirinya ilmu psikologi sebagai ilmu ilmiah yang berdiri sendiri yang terpisah dari ilmu – ilmu induknya seperti ilmu filsafat dan ilmu faal.
Dalam 46 tahun pengabdiannya kepada ilmu psikologi, Wundt telah menulis laporan tentang penelitian dan teorinya dalam 54.000 halaman lebih.
Hasil karyanya yang cukup terkenal antara lain, Principles og Physiological Psychologi, Voelkerpsychologie dan Beitrage Zur Theorie Der Sines Wahrnemung.

·         Ivan Pavlov (1849 -1936)
Tidak memiliki gelar sarjana dan tidak mau disebut sebgai orang yang ahli dalam psikologi adalah salah satu ciri dari Ivan Pavlov.
Sebenarnya, Pavlov adalah seorang sarjanan ilmu faal yang fanatik. Yang akhirnya melakukan eksperimen terhadap seekor anjing ketika sedang melakukan study pencernaan.
Hasil eksperimennnya tersebut kemudian Pavlov kembangkan dalam satu studi perliaku yang dikenal  dengan sebutan Classical Conditioning.
Sebuah study yang akhirnya membawa Ivan Pavlov memperoleh penghargan Nobel. Penelitiannya juga merupakan dasar dari perkembangan psikologi behaviorisme.
Study yang dilakukan oleh Pavlov juga merupakan dasar – dasar untuk melakukan  penelitian dan pengembangan tentang teori – teori belajar.

Sumber-sumber:
http://indobeta.com/ilmu-psikologi-definisi-dan-cabang-ilmu-psikologi/4777/


NAMA      :AJENG CHAIRUNNISA
KELAS      :1PA07
NPM          :10511487








5 komentar:

  1. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu www.gunadarma.ac.id yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill.. terima kasih :)

    BalasHapus
  2. wowww
    sLm psikologi dari aku

    follow my blog http://muhammadqhadrii44.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. mohon maaf bisa jelaskan mengenai definisi tentang perkembangan cabang ilmu pendidikam yang anda ketahui ?
    kalo tau bales ke email saya "devaneka@gmail.com"

    BalasHapus
  4. bisa tidak dijelaskan macam-macam kegiatan psikis pada umumnya?? triz..

    BalasHapus